TUGAS SMALL CRAFT DESIGN
PERAHU WISATA KATAMARAN
DISUSUN OLEH
ANDHI SAPUTRA 0404080099
DEPARTEMEN TEKNIK MESIN
PROGRAM STUDI TEKNIK PERKAPALAN
UNIVERSITAS INDONESIA
BAB I
PENDAHULUAN
- LATAR BELAKANG
Perkembanga kebutuhan untuk rekreasi di jakarta pada saat ini cenderung meningkat,dikarenakan aktivitas sehari-hari yang penuh tekanan dalam melakukan aktivitas sehari-hari,selain itu pula dengan dibangunnya banjir kanal dijakarta maka akan terdapat tempat wisata yang bisa dikunjungi khususnya wisata air.
Dalam sebuah wisata air untuk memaksimalkan penggunaan tempat wisata tersebut maka kita dapat menggunakan sebuah prasarana agar kita dapat menikmati wisata tersebut,oleh karena itu penggunaan kapal kecil dalam wisata ini maka dapat memaksimalkan potensi wisata air ini.
Penggunaan kapal kecil ini merupakan jenis kapal yang dapat digunakan untuk tujuan wisata yang dapat dilakukan untuk satu orang hingga dua orang. Dari segi desain kapa kecil ini memiliki desain yang beragam dan tidak menutup desain-desain yang lebih menarik khususnya untuk desain bagian kapal yang diatas permukaan air,hal ini dikarenakan pembangunan kapal kecil ini sangat ditentukan oleh keingina,faktor ekonomis dan juga kemudahan dalam pengoperasiannya. Hal ini menyebabkan pembangunan kapal kecil ini sangat banyak dilakukan oleh para penyedia alat wisata air.
Namun dalam makalah ini penulis mencoba menawarkan sebuah desain kapal kecil yang digunakan untuk wisata air yang cukup menarik karena menggunakan jenis katamaran namun tetap menjaga keseimbangan dalam batasan-batasan yang diberikan dalam ilmu arsitektur kapal.
Kapal ini juga dibuat sehingga dapat menawarkan kenyamanan bagi penggunanya sehingga pengguna kapal ini dapat menghabiskan waktunya dengan santai bersama teman maupun pasangannya selepas aktifitas dan kesibukannya.
1.2.
PEMBATASAN TUGAS
Perancangan desain kapal wisata air ini termasuk dalam jenis kapal kecil (small craft) hanya dibatasi pada perhitungan perancangan yang terdiri dari:
1.Analisa kebutuhan
2.Estimasi ukuran utama,displacement dan koefisien-koefisien kapal.
3.Sketsa linesplan
5.Sketsa GA
6.Pemodelan 3dimensi
- METODE PENELITIAN
Dalam mendesain kapal wisata air ini penulis menggunakan perangkat lunak komputer dan juga dibandingkan dengan kepal wisata air yang telah ada yang kemudian dibandingkan dan dianalisa dengan metode perhitungan kapal yang telah dipelajari.
BAB II
PERANCANGAN KAPAL KECIL
2.1 ANALISA KEBUTUHAN
Analisa kebutuhan merupakan data-data spesifikasi kapal yang diinginkan dalam penggunaannya yang nantinya menjadi dasar dari pembuatan dan perancangan kapal tersebut.
Dalam pembuatan kapal kecil yang sederhana ini biasanya data spesifikasi kapal tidak serumit dalam pembangunan kapal requiretment sebab tidak terlalu memperhatikan aspek dan ketentuan desain kapal standard.
Dalam menentukan data kapal tersebut owner juga mendiskusikan dengan pihak pendesain kapal sehingga dapat mencocokan antara kebutuhan dengan ketentuan desain
2.2 FUNGSI DESAIN DAN DESKRIPSI DESAIN
Sesuai dengan keinginan owner yaitu bahwa kapal tersebut akan digunakan untuk bersantai di perairan maupun didalam danau sehingga dapat dipergunakan untuk aktifitas-aktifitas seperti bersantai maupun hanya sekedar melihat-lihat.
2.3 ASPEK PERANCANGAN
Dalam merancang kapal kecil ini maka perlu diperhatikan beberapa aspek-aspek penting seperti:
1.Analisa kebutuhan.
2.Metode desain
3.Estetika.
Untuk itu dalam menentukan estimasi ukuran utama kapalmaka penulis menggunakan perhitungan menggunakan piranti lunak komputer.
2.4 ESTIMASI UKURAN UTAMA
- Lpp= 3 m
- B = 2 m
- D = 0.5 m
- H = 0.75 m
Dan kemudian dilakukan perhitungan data kapal dan koefisien kapal menggunakan program Maxurf maka didapatkan koefisien data kapal sebagai berikut ini.
- Koefisien blok
Cb=0.3292
- Koefisien prismatik
Cp = 0.799
- Koefisien midship
Cm = 0.447
- Displacement = 876.92 kg
- Panjang water line = 28.22 m
- LCB = 56.27%
- LCF = 0.51m
Dimana:
1.Koefisien blok merupakan koefisien bentuk kapal (volume kapal) terhadap suatu ruang balok yang melingkupi kapal tersebut.
2.Koefisien midship adalah perbandingan luasan penampang bagian tengah kapal terhadap luasan bidangkotak yang melingkupi luasan tersebut.
3.Koefisien prismatik merupakan perbandingan nilai luas dari midship kapal terhadap lebar(B) dan saratkapa(d).
2.5 PRINCIPAL DIMENSION
2.5 .1 TAMPAK DEPAN
2.5.2 TAMPAK ATAS
2.5.3 TAMPAK SAMPING
2.5.4 POSISI DUDUK
2.5.5 GAMBAR 3D RANCANGAN
2.5.6 WATER LINE
2.5.7 BUTTOCK LINE
2.5.8 BODY PLAN
2.5.9 PERHITUNGAN LUAS SECTIONAL AREA
2.5.10PERHITUNGAN HIDROSTATIK CURVE
2.5.11 PERHITUNGAN CROSS CURVE
2.5.12 PERHITUNGAN HAMBATAN
2.5.13 PERHITUNGAN STABILITAS
2.5.14 LAYOUT 3 DIMENSI KAPAL RANCANGAN
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Sebagai penutup dari laporan Small Craft Design kami dengan tema kapal wisata air, berikut ini adalah beberapa kesimpulan-kesimpulan yang dapat kami ambil dari sepeda amphibi yang kami desain.
- Mekanisme dan Cara Penggunaan
Kapal rancangan kami ini kami desain sesederhana dan semudah mungkin untuk dikendarai sehingga para pemakai dapat menggunakan kaki untuk mengayuh pedal whell.
- Kelebihan dan Kekurangan
- Kelebihan dari kapal wisata air ini adalah:
- Mudah dalam pengoperasiannya.
- Namun kapal kami memiliki beberapa kekurangan yakni
- Tidak dapat menampung penumpang yang benyak
Oleh karena itu diharapkan maka kapal kecil wisata air ini dapat berguna untuk digunakan sebagai alat rekreasi.
DAFTAR PUSTAKA
Teori merancang kapal
Maxurf desing book
Hydromax desing book
kok gambarnya gag keluar yak,,,
BalasHapus